Panduan Anda untuk mengamankan sumber daya proyek

Businesspeople having a discussion in office Free Photo
Mengamankan sumber daya proyek yang tepat pada waktu yang tepat membutuhkan keterampilan dan pengalaman. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memastikan proses pengadaan proyek Anda berjalan lancar.

Untuk setiap manajer proyek, manajemen pengadaan sangat penting untuk memenuhi tujuan proyek Anda tepat waktu. Ini membutuhkan kemampuan untuk menegosiasikan kontrak secara efektif dan untuk memahami berbagai produk dan layanan, belum lagi logistik rantai pasokan.

Berikut adalah ikhtisar dasar-dasar manajemen pengadaan yang akan membantu Anda berhasil mendukung tujuan dan kiriman proyek Anda.

Definisi manajemen pengadaan
Procurement management melibatkan penentuan produk dan layanan yang perlu diperoleh agar proyek berhasil, termasuk waktu, kualitas, pembayaran, dan aspek lain dari pengiriman produk dan layanan. Vendor dan informasi produk adalah kunci dan memerlukan penelitian dan evaluasi menyeluruh atas hasil proyek, vendor potensial, penawaran, ketersediaan, dan persyaratan kontrak. Ini dan aktivitas pengadaan lainnya bukanlah latihan satu kali. Sebaliknya, mereka harus ditinjau kembali sepanjang siklus hidup proyek.

Manfaat manajemen pengadaan
Procurement management yang dilaksanakan dengan baik memberikan beberapa keuntungan proyek. Jika direncanakan dan dilaksanakan dengan hati-hati, manajemen pengadaan dapat membantu meningkatkan kepastian dan kualitas, mengendalikan biaya, dan mengurangi risiko proyek secara keseluruhan.

Peningkatan kepastian dan kualitas: Dengan perencanaan yang cermat dan negosiasi kontrak yang terperinci, manajer proyek dapat sangat meningkatkan kepastian seputar kualitas produk atau layanan yang dibeli. Peningkatan kepastian ini akan membantu meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan terhadap waktu dan kualitas produk dan layanan yang ingin diberikan oleh proyek.
Pengendalian biaya: Perusahaan jarang tidak peduli tentang pembengkakan anggaran. Penetapan harga pengadaan yang dinegosiasikan dengan hati-hati merupakan faktor penting dalam mengendalikan biaya proyek. Mampu memantapkan biaya terkait pengadaan membantu memastikan proyek dapat dilaksanakan sesuai anggaran.
Risiko yang dikurangi: Kejelasan yang meningkat tentang vendor, persyaratan kontrak, serta kualitas produk dan layanan mengurangi potensi risiko pengadaan dan, akibatnya, risiko proyek secara keseluruhan. Proses manajemen pengadaan yang dikembangkan dan dijalankan secara menyeluruh dapat menjaga kiriman proyek Anda tetap pada jalurnya.

Leave a Comment