Alat Pelindung Diri Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3)

 

 

 

 

Distributor Stickcone Jakarta –┬áBagi seorang pekerja dan perusahaan, keselamatan kerja menjadi urusan utama. Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 ini juga ditata dalam Undang-undang Ketenagakerjaan. Perusahaan dan pekerja sama-sama mesti memahami tentang keselamatan kerja cocok dengan standar yang berlaku, salah satunya dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) yang cocok dengan standarisasi.

APD ialah suatu perangkat yang mempunyai keterampilan untuk mengayomi seseorang yang kegunaannya mengisolasi beberapa atau semua tubuh dari potensi bahaya di lokasi kerja. APD ini terdiri dari kelengkapan mesti yang dipakai oleh pekerja cocok dengan bahaya dan risiko kerja yang dipakai untuk mengawal keselamatan pekerja sekaligus orang di sekelilingnya.

Apa saja format Alat Pelindung Diri yang cocok dengan standar Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3)?
1. Helm Keselamatan
keselamatan atau safety helmet ini bermanfaat untuk mengayomi kepala dari benturan, pukulan, atau kejatuhan benda tajam dan berat yang melayang atau meluncur di udara. Helm ini juga dapat melindungi kepala dari radiasi panas, api, cipratan bahan kimia ataupun suhu yang ekstrim. Untuk sejumlah pekerjaan dengan risiko yang relatif lebih rendah dapat menggunakan topi ataupun penutup kepala sebagai pelindung.

2. Sabuk dan tali Keselamatan

Sabuk keselamatan atau safety belt ini bermanfaat untuk memberi batas gerak pekerja supaya tidak terjatuh atau terlepas dari posisi yang diinginkan. Beberapa pekerjaan mewajibkan pekerja guna berada pada posisi yang cukup riskan seperti pada posisi miring, tergantung atau menginjak rongga sempit. Sabuk keselamatan ini terdiri dari harness, lanyard, safety rope, dan sabuk lainnya yang dipakai bersamaan dengan sejumlah alat lainnya laksana karabiner, rope clamp, decender, dan lain-lain.

3. Sepatu Boot
alat pengaman diri k3
Sepatu boot ini bermanfaat untuk mengayomi kaki dari benturan atau tertimpa benda berat, tertusuk benda tajam, terpapar cairan panas atau dingin, uap panas, bahan kimia riskan ataupun permukaan licin. Bedanya dengan safety shoes umumnya ialah perlindungan yang lebih maksimal sebab modelnya yang tinggi dan melindungi sampai ke betis dan tulang kering.

4. Sepatu Pelindung
Sepatu Pelindung

Sepatu pelindung ini bermanfaat untuk mengayomi kaki dari benturan atau tertimpa benda berat, tertusuk benda tajam, terpapar cairan panas atau dingin, uap panas, bahan kimia riskan ataupun permukaan licin. Selain faedah di atas, sepatu safety berbobot | berbobot | berkualitas juga mempunyai tingkat ketahanan yang baik sehingga dapat digunakan dalam jangka masa-masa yang panjang. Berbagai sepatu safety tersedia cocok dengan kebutuhan. Ada yang antislip, antipanas, anti-bahan kimia, anti-listrik, dll. Lihat sekian banyak fungsi safety shoes di sini!

5. Masker
alat pengaman diri k3
Masker pernafasan ini bermanfaat untuk mengayomi organ pernafasan dengan teknik menyaring vemaran bahan kimia, mikro-organisme, partikel debu, aerosol, uap, asap, ataupun gas. Sehingga udara yang dicium masuk ke dalam tubuh ialah udara yang bersih dan sehat. Masker ini terdiri dari sekian banyak jenis, laksana respirator, katrit, kanister, tangki selam dan regulator, dan alat penolong pernafasan.

6.Penutup telinga

Penutup telinga ini dapat terdiri dari sumbat telinga (ear plug) atau penutup telinga (ear muff), yang bermanfaat untuk mengayomi telinga dari kebisingan ataupun tekanan.

7. Kacamata Pengamanalat pengaman diri k3
Kacamata pengaman ini dipakai sebagai perangkat pelindung yang bermanfaat untuk mengayomi mata dari penyampaian partikel yang melayang di angkasa ataupun di air, cipratan benda kecil, benda panas, ataupun uap panas. Selain tersebut kacamata pengaman juga bermanfaat untuk merintangi pancaran cahaya yang langsung ke mata, benturan serta pukulan benda keras dan tajam. Jenis kacamata pengaman ini dapat berupa spectacles atau googgles.

8. Sarung Tangan
sarung tangan pelindung

Sarung tangan ini bermanfaat untuk mengayomi jari-jari tangan dari api, suhu panas, suhu dingin, radiasi, arus listrik, bahan kimia, benturan, pukulan, tergores benda tajam ataupun infeksi dari zat patogen laksana virus dan bakteri. Sarung tangan ini tercipta dari material yang berbagai macam, tergantung dari kebutuhan. Ada yang tercipta dari logam, kulit, kanvas, kain, karet dan sarung tangan safety yang tahan terhadap bahan kimia.

Leave a Comment